Sejarah Desa

30 April 2014 17:20:39 WIB

Desa Hargomulyo terletak di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Sebelum Tahun 1995, desa ini merupakan bagian dari Kecamatan Nglipar. Setelah 1995, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1995, Desa Hargomulyo bersama Desa Mertelu dan Watugajah dari Kecamatan Nglipar, Desa Sampang, Serut, Ngalang dari Kecamatan Patuk serta Desa Tegalrejo dari Kecamatan Ngawen dibentuk menjadi kecamatan yang baru, yaitu Kecamatan Gedangsari. Sejak saat itu, Desa Hargomulyo menjadi pusat pemerintahan Kecamatan Gedangsari.

Batas Wilayah Desa Hargomulyo adalah sebagai berikut:

Timur    : Desa Mertelu Gedangsari

Selatan  : Desa Ngalang Gedangsari, Desa Pengkol Nglipar

Barat     : Desa Nglegi Patuk

Utara     : Desa Sampang Gedangsari, Desa Watugajah Gedangsari

Wilayah

Desa Hargomulyo terdiri dari 14 dusun, yaitu Gedangan, Balong, Jatirejo, Jambon, Jetis, Bulu, Ngasinan, Pace A, Pace B, Suru Lor, Suru Kidul, Suruh, Jatibungkus dan Mangli. Masing-masing dusun terdiri dari 4 RT, kecuali dusun Suruh, yang memiliki 8 RT dan Padukuhan Pace B yang memiliki  6 RT.

Kondisi Geografis

Desa Hargomulyo yang berada di Kecamatan Gedangsari terletak di Zona Utara Topografi Gunungkidul, yang merupakan wilayah Perbukitan Batur Agung. Daerah ini memiliki ketinggian 200 m - 700 m di atas permukaan laut. Keadaannya berbukit-bukit, terdapat sumber-sumber air tanah kedalaman 6m-12m dari permukaan tanah. Jenis tanah didominasi latosol dengan bataun induk vulkanik dan sedimen taufan. 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung