BEBERAPA JENIS KESENIAN UNGGULAN IKUT MERIAHKAN GELAR BUDAYA KAPANEWON GEDANGSARI

31 Agustus 2023 11:00:33 WIB

HARGOMULYO – Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Keistimewaan DIY ke-11 Tahun 2023, Jum’at, 25 Agustus 2023 Pemerintah Kapanewon Gedangsari kembali mengadakan event Gelar Budaya yang menampilkan beberapa kesenian  perwakillan dari masing-masing Kalurahan se-Kapanewon Gedangsari. Event dilaksanakan terpusat di Halaman Komplek Kapanewon Gedangsari.

                Dihimpun dari laman resmi Kapanewon Gedangsari, event Gelar Budaya yang mengangkat tema “Keistimewaan Adheganing Amaerta” ini diawali dengan menampilkan Seni Karawitan Putri (Hargomulyo), kemudian dilanjut menampikan kesenian yang lain seperti Srandul (Hargomulyo), Langen Carito (Mertelu), Reog Lompong Kely (Tegalrejo), Jathilan Putri (Ngalang), Jathilan (Serut) kemudian puncak acara diakhiri dengan Pagelaran Wayang Kulit Dalang Cilik Arkan dan Dalang  Sunardi oleh Dewan Kebudayaan Kapanewon.

                Gelar budaya ini berlangsung sangat menarik dan cukup meriah. Terlihat dengan antusias masyarakat yang datang untuk menyaksikan event tersebut sangat tinggi. Semi Hadi Carito selaku Dewan Kebudayaan Kapanewon Gedangsari sekaligus Ketua panitia dalam event tersebut mengatakan dengan adanya gelar budaya tersebut selain untuk menghibur masyarakat, gelar budaya ini bertujuan untuk memberdayakan seni dan budaya yang ada di Kapanewon Gedangsari serta sebagai wujud daripada menjaga dan melestarikan seni dan kebudayaan. Selain itu, dengan adanya masyarakat yang  ikut berjualan baik kuliner ataupun yang lainnya dalam event ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung