MUSRENBANG KALURAHAN HARGOMULYO TAHUN ANGGARAN 2024, BERBAGAI USULAN STRATEGIS DISEPAKATI

09 September 2023 14:28:17 WIB

HARGOMULYO - Sebagai tindak lanjut perumusan Rancangan RKP Kalurahan Tahun Anggaran 2024 setelah sebelumnya dilakukan Musyawarah Kalurahan (Muskal), Kamis 07 September 2023 Pemerintah Kalurahan Hargomulyo bersama lembaga-lembaga kalurahan serta pihak terkait lainnya kembali melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Kalurahan (MUSRENBANGKal) Tahun anggaran 2024  untuk menyepakati hasil RKP yang telah dirumuskan oleh tim perumus RKPKal. Turut hadir dalam musyawarah tersebut Panewu Kapanewon Gedangsari, Jawatan Kemakmuran Kapanewon Gedangsari, Pendamping Desa, serta kelompok masyarakat lainnya.

Ketua LPMKal, Sukino sekaligus pimpinan sidang dalam musyawarah tersebut mengajak seluruh kelompok untuk mendukung program pemerintah yang telah disusun.

“apabila dalam penyusunan program-program pemerintahan ada kekurangan silahkan sampaikan dengan  aktif dan bijaksana, dengan harapan Musrenbang ini berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Lurah Hargomulyo, Sumaryanta dalam sambutannya mengatakan salah satu prioritas pembangunan pemerintah kalurahan tahun 2024 adalah pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT).

“Kenapa pembangunan JUT ini menjadi fokus kami tahun depan, selain menjadi akses yang multifungsi namun juga menjadi alternatif jalan terutama untuk 4 padukuhan, yakni Padukuhan Pace B, Padukuhan Suruh, Padukuhan Suru Lor, Padukuhan Suru Kidul,” tambahnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Carik Kalurahan Hargomulyo, Nanang Setyawan selaku pemapar materi dalam sidang musyawarah tersebut. JUT ini kedepan akan akan menjadi penopang ekonomi masyarakat. Mulai dari pertaniannya hingga ke galian C di wilayah tersebut.

Disisi lain tanggapan positif juga disampaikan oleh Pemerintah Kapanewon Gedangsari, bahwasanya selain telah menyiapakan Musrenbangkal dengan baik, Kalurahan Hargomulyo merupakan Kalurahan yang paling rapi dan rinci dalam penyusunan RKPKal. Pemerintah Kapanewon berharap hal ini dapat ditiru oleh kalurahan-kalurahan lain.

Lebih lanjut musyawarah ini, setelah paparan materi oleh Carik Hargomulyo, pimpinan sidang membentuk beberapa kelompok untuk mewakili masing-masing bidang guna membentuk Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (DURKP). Hasil dari sidang masing-masing kelompok tersebut menghasikan usulan sebagai berikut :

Prioritas Bidang Ekonomi :

  1. Pelatihan pengelolaan hasil tanaman pangan.
  2. Bimtek minuman tradisional menjadi minuman kekinian.
  3. Pelatihan SDM Industri wisata.
  4. Pelatihan kewirausahaan bagi UMKM.

Prioritas Bidang Fisik :

  1. Pembangunan talud jalan Balong – Gedangan.
  2. Rehab jalan Gedangan-Suru Lor
  3. RTLH

Prioritas Bidang Sosial Budaya :

  1. Bantuan PAH berupa wadah untuk menampung air hujan.
  2. Sentra kewirausahaan pemuda pakan ternak.
  3. Penyuluhan dampak miras.
  4. Sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan.
  5. Pembinaan dan penyuluhan dan keamanan dan ketertiban umum.

 

Selain usulan-usulan diatas, terdapat usulan lain yang lebih berfokus terhadap kebudayaan yang berkenaan dengan dana keistimewaan yakni pengadaan pakaian bregogo, pengadaan pakaian kejawen, pembinaan kelompok seni (ketoprak, srandul, reog, karawitan), pengadaan alat gamelan slendro/pelog dan pengadaan pakaian ketoprak.

Menanggapi berbagai usulan diatas, Lurah Hargomulyo berharap usulan terkait kebudayaan dapat diakomodir semua. Ia pun juga menambahkan usulan terkait crosway menuju SMP N 3 Gedangsari untuk segera di rehabilitasi dikarenakan dekat dengan objek vital yakni sekolahan. Ia juga berharap normalisasi jalan kabupaten menuju Padukuhan Suruh , Jalan menuju Padukuhan Jatibungkus, Jembatan dekat SD Hargomulyo I dapat pula dilakukan. Disesi akhir tanggapan Lurah Hargomulyo menambahkan dalam kegiatan Bersih Desa tahun 2024, BUMKal dapat berpartisipasi aktif serta ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Diakhir sidang musyawarah ini, pimpinan sidang memimpin penandatangan berita acara oleh Lurah, Carik dan wakil peserta Musrenbangkal. Untuk selanjutnya hasil sidang ini akan diolah oleh tim perumus RKPKal untuk disusun lebih lanjut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung