PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PUPUK ORGANIK KALURAHAN HARGOMULYO

30 Oktober 2023 14:30:55 WIB

Bekerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kapanewon Gedangsari, Senin (23/10/2023) Pemerintah Kalurahan Hargomulyo melaksanakan Pelatihan dan Pengembangan Pupuk Organik sebagai salah satu inovasi di bidang pertanian. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Kalurahan Hargomulyo.

Dengan menghadirkan Sumarjono dan Amin Rohmadi dari BPP Kapanewon Gedangsari sebagai Narasumber, Pelatihan ini diikuti oleh kelompok tani yang ada di Kalurahan Hargomulyo serta para penggaduh sapi. Kegiatan ini difasilitasi melalui kegiatan yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Saat ini masyarakat umum sangat bergantung pupuk kimia yang keberadaannya terbatas dan mahal. Oleh karena itu, Amin Rohmadi dalam sambutanya mengatakan dengan adanya pelatihan dan pengembangan pupuk organik ini diharapkan masyarakat dapat mengembangkan penggunaan pupuk dengan menggunakan pupuk organik. Sehingga dengan potensi melimpahnya pupuk kandanfg dapat menjadi alternatif mengurangi biaya pupuk kimia.

Selain itu, Sumarjono dalam paparan materinya menambahkan pupuk organik juga dapat memperbaiki struktur tanah, drainase dan tata udara dalam tanah. Oleh karenanya pupuk organik juga sangat berdampak pada kesuburan tanah serta komoditi pangan akan lebih sehat.

Sementara itu, Lurah Hargomulyo Sumaryanta dalam sambutannya berharap dengan adanya pelatihan ini peserta mampu mengaplikasikan penggunaan pupuk organik pada tanaman pertanian atau perkebunan serta dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat umum lainnya sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung